Admin Kamis, 27 Januari 2011 Categories:
Setelah beberapa waktu lamanya saya agak jarang menyentuh blog ini karena sesuatu hal, akhirnya ada juga kesempatan untuk memposting artikel. Jadi, jadi buat pengunjung setia blog ini saya mengucapkan beribu maaf karena udah agak lama nganggurin nich blog.

Ok dech,, daripada nanti jadi bosan karena kelamaan baca kata pembukanya, saya langsung aja ke inti permasalahan dari judul di atas.

Nah,,trik kali ini kita akan mengamankan folder kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan bahasa pemrograman DOS. Diantara teman-teman mungkin udah banyak yang tau tentang trik ini, tapi gak apa kan saya memposting nya buat dibagi ke teman-teman yang belum tau.

Untuk langkah awalnya,, anda harus mempersiapkan sebuah file ata folder yang ingin anda sembunyikan.
Nah, jika anda sudah memilii sebuah file atau folder yang ingin anda amankan,, kita ke langkah berikutnya. Pada menu Start-Run, silahkan anda ketikkan "cmd" pada kotak dialognya tanpa tanda petik


klik "ok" atau tekan enter, maka akan muncul jendela command promt seperti di bawah ini.

Carilah direktori dimana folder atau file yang  yang hendak kita sembunyikan berada, misalnya folder pribadi saya bernama "nopex" terletak di drive "D" pada direktori "Rahasia".
Caranya,, pertama pindah drive dari drive "C" ke drive "D" denganmengetikkan "D:" tanpa tanda petik, setelah itu cari directory dimana anda menyimpan file yang akan anda sembunyikan. Silahkan ketikkan "cd" diikuti nama foldernya. Perlu diberi contoh lagi??? Duchhh capek dech....!!!! Selengkapnya lihat gambar di bawah ini.

Dah jelas belum???? Nah,,, kalo dah jelas kita lanjut yah anak-anak .... Hehehe,, udah macam guru aja ...!!!
Ok,, setelah anda berada pada folder dimana file atau folder yang akan di sembunyikan berada, selanjutnya tinggal kita beri attribut sistem dan hidden atau bahasa gaulnya super hidden pada folder kita. Mungkin ada diantara teman-teman yang bertanya mengapa harus super hidden????  Karena dengan cara ini lah folder kita tidak akan bakalan kelihatan walupun menggunakan cara yang lazim kita lakukan yaitu melalui Tools-Folder Option-View kemudian beri tanda pada Show hidden files and folders. Dengan cara itu pun folder kita tidak bakalan terlihat....!!!

Ok,, sekarang kita lanjutkan lagi cara berikutnya,,,!!!!
Untuk memberikan attribut super hidden dengan cara mengetikkan "attrib +s +h nopex" kemudian enter. Lihat gambar berikut ini.

 sekarang coba anda cari folder "nopex" di windows explorer. Gimana??? Hilang kan???? untuk mengembalikannya menjadi terlihat lagi cukup dengan mengetikkan perintah "attrib -s -h nopex" tanpa tanda petik. 

Gimana???? Mudah bukan???? 
Sekian dulu yach,, kurang lebihnya mohon dimaafkan....!!!

SELAMAT MENCOBA........!!!!


Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Ini Langsung Ke Email Anda


Enter your email address:


Delivered by FeedBurner


JIka artikel di atas bermanfaat untuk anda, silahkan tinggalkan komentar atau klik tombol Like/Suka di bawah ini


Sharing To Facebook



awesome comments

0 comments :

Posting Komentar

hostgator coupon Healthy Life